Freedom Writers & Mustang

Beberapa hari lalu, dua malam berturut-turut, aku menyempatkan menonton dua film bagus di HBO. Dua-duanya beranjak dari kisah nyata. Freedom Writers (FW) adalah kisah seorang guru baru, wanita, di sebuah sekolah yang mencanangkan program pembauran. Kelasnya adalah kelas yunior dengan siswa yang hampir seluruhnya bermasalah : anggota geng dari pelbagai keturunan (negro, meksiko, bahkan asia). Sedang Mustang adalah kisah pelatih American Football untuk sebuah penjara anak.

Latar belakang siswa yang sama membuat film ini juga bermuatan kekerasan dan kekasaran kata-kata. Perkelahian, saling sikut, saling tidak percaya bahkan pembunuhan menjadi bumbu dalam keduanya. Semuanya digambarkan dengan indah dan nampak sangat nyata.

Kisah nyata itu adalah kedua kisah sukses yang diawali dengan perjuangan dan pengorbanan sangat tinggi dari pelakunya. Mr. G dalam FW bahkan harus kehilangan perkawinannya untuk karena harus menyediakan hampir seluruh waktu untuk dedikasinya bagi kemajuan anak didiknya.

Namun, pelajaran besar yang kucoba tarik dari dua film itu adalah …

pertama, hormati mereka, maka mereka akan menghormatimu. Mr. G maupun pelatih Mustang benar-benar menghormati anak didiknya sebagai manusia terhormat dengan kemampuan yang mereka miliki. sang guru dan pelatih tidak sama sekali merasa lebih hebat dari mereka dan mencoba membaur dengan luar biasa.

kedua, bangun semangat kekeluargaan dan bukan menghancurkannya. Mr. G membuat sebuah game yang menempatkan siswanya dalam kesamaan nasib dan mereka membentuk sebuah keluarga besar, meski dibangun bahkan dengan perbedaan latar belakang dan pilihan hidup. Pelatih Mustang menyatukan dua musuh geng dalam sebuah keluarga, bahkan kemudian saling rela mati untuk saudaranya.

ketiga, mereka bukan hanya mengajak, namun juga mendampingi. Keduanya memilih menjadi sahabat dan bukan orang sok pintar yang tiba-tiba masuk dalam lingkungan baru.

Pelajaran yang indah bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: