Keluhan itu Hadiah

Malam ini, setelah kesehatan Ummu Moumtaza membaik, kami bercengkrama di depan TV. Pada salah satu stasiun TV menayangkan running text tentang Kasus Prita dan OMNI. Banyak hal yang kami bahas : rencana pengumpulan koin, kesalahan Prita dan banyak hal lainnya. Di ujung obrolan itu, saya berkata,

“Bukan soal 300 M (sebagaimana tuntutan OMNI), bukan juga soal 204 juta yang ditetapkan pengadilan. Tapi, 1 sen saja Prita dikenakan denda, artinya Prita bersalah!”

Tanpa kusangka, si Sulung Zulfa, bergumam,

“Mestinya kasus itu jadi motivasi OMNI untuk membenahi diri”

Bergumam saja, nyaris tanpa tekanan apapun pada tiap katanya. Aku, yang saat itu sedang menyantap soto Betawi, berhenti makan dan menoleh padanya.

“Kakak tahu dari mana itu?”

“Ya dari Kakak sendirilah. Paling dari ngedengerin berita.”

Aku tersenyum. Semoga banyak hal berguna yang diperolehnya dari TV. Berita yang tidak jauh dari politik, korupsi dan kasus. Dan, alhamdulillah, Kakak justru mengambil pelajaran penting dari SQAR yang diikuti Abounya kemarin, tanpa harus mengikuti pelatihan.

Ya. Ilmu pelayanan menyatakan, komplain atau keluhan Pelanggan adalah hadiah tidak ternilai harganya dari Pelanggan. Sebuah hadiah istimewa yang jika terima dengan tangan terbuka akan berdampak luas bagi pelayanan sebuah perusahaan atau badan apapun itu. Faktanya, menurut SQAR yang aku ikuti, tidak lebih dari 4% dari total Pelanggan yang tidak puas yang menyampaikan keluhan. Bayangkan, 1 keluhan mewakili 26 keluhan lainnya. Betapa naifnya kita, jika masih berfikir jumlah keluhan kita kecil bahkan tidak ada, dan kita memutuskan untuk tidak melakukan apa-apa atas pelayanan kita. Perusahaan apapun itu! Pelanggan mestinya menjadi salah satu motivasi kita (baca lagi : Kehilangan Tongkat).

Terima kasih, Kakak …

2 Komentar »

  1. hwaa pintarnyaaa kakak nie, bundo titip acung jempol ya Abu..🙂

    dan semoga ummu cepat pulih seperti sedia kala,amin

    • moumtaza said

      tarimo kasiah, Bundo …

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: