Mampu? Mau?

Semua yang kutulis dalam beberapa tulisan SQAR Session ini sejujurnya tidak selalu terkait dengan pelatihan yang kuikuti. Tulisan itu hanya beranjak dari beberapa hal yang terlintas di dalamnya dan tidak selalu berhubungan langsung.

Di hari kedua, aku dikenalkan (kembali) pada kuadran kemauan dan kemampuan. Dalam pelatihan itu, kuadran ini menjadi landasan diskusi terhadap keadaan tiap orang dalam menyikapi perubahan. Menghadapi perubahan organisasi dengan perubahan pribadi adalah sebuah keniscayaan. Dan diskusi kami saat itu adalah tentang hal tersebut, tentang sikap seseorang menyikapi perubahan.

Bisa jadi dia mau dan mampu menyikapi perubahan dengan benar. Bisa jadi dia mau namun tidak mampu menyikapi perubahan. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi pula dia mampu namun memilih untuk tidak turut berubah. Juga karena banyak hal, dan biasanya bersifat sangat personal. Dan bisa jadi pula, dia memang tidak mampu berubah dan juga tidak mau berubah. Berada di mana Anda?

———————————–

Masih tentang mampu dan mau, namun dalam cerita yang berbeda.

Seorang sahabat kukirim SMS untuk melihat blogku. Sekedar berbagi tentang banyak hal, karena aku juga butuh masukannya. Sehari usai itu, aku tanyakan, apakah dia sudah sempat melihat blogku? Dia menjawab, “waduh … maaf yaa, aku belum sempat. aku sibuk sekali …”

Aku tersenyum, meski aku tahu, dia tidak dapat melihat senyumku. Senyum kesedihan, meski dibarengi dengan kesadaran, dia memang sibuk. Setiap detik dalam kehidupannya adalah kesibukan. Namun, kemudian aku sadar, dia telah berbohong. Dia mampu. Dia bisa menyediakan waktu untuk itu, namun dia memang tidak mau. Dia memilih untuk tidak berkenan, dan aku harus menyadarinya tanpa harus tahu mengapa.

Beberapa hari lalu, bukankah dia dengan sangat sadar, menyediakan waktu untuk online dan menghapuskan namaku dari daftar friendnya …

1 Komentar »

  1. Nok Ndut said

    Ga dihapus sih, cuman mindahin dari Friend List masuk ke Unwanted Person… (padha bae ya?)

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

