Jeddah

Catatan #2 Perjalanan Umrah

Konon, Jeddah adalah kota tertua di dunia. Kata Jeddah dikaitkan dengan Nenek Manusia (Jeddah berasal dari kata Jiddah yang berarti Nenek) yang disematkan kepada Siti Hawa. Konon juga, Siti Hawa diturunkan Allah dari surga di kita kota ini. Bahkan, sekali lagi konon, Siti Hawa dimakamkan di kota ini.

05_jeddahNamun, hal yang paling membuatku penasaran adalah banyaknya monumen atau tugu yang dibangun di sini. Di sekitar hotel tempat kami menginap saja ada lima tugu yang dibangun. Jika ditambahkan dengan tugu yang kami temui sepanjang perjalanan dari bandara ke hotel, mungkin jumlahnya belasan. Aku tidak tahu benar mengapa orang Arab di Jeddah teramat senang membangun tugu, terutama di Jeddah. Di Madinah dan Mekah, rasanya aku tidak menemui tugu sebanyak itu. Hanya beberapa jam besar, yang memang diperlukan penduduk sebagai penanda waktu sholat.

Di kota ini juga ada masjid qishosh yang menjadi tempat dilaksanakannya qishosh. Kata mutawif yang mengantar kami ketika berhaji dulu, hukuman qishosh biasanya dilaksanakan usai sholat Jumat, kebanyakan berupa hukuman mati bagi para pengedar narkoba.

06_jeddah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: