Film Laskar Pelangi (3)

Film ini sebagaimana novelnya, memang luar biasa.

Film dan novel ini bertutur tentang mimpi. Mimpi yang terus dikenang, mimpi yang dipanjatkan dengan doa, mimpi yang diupayakan dengan usaha keras dan tanpa menyerah. Dalam sebuah talk show dalam Bedah Buku yang diselenggarakan TELKOM Bekasi, Andrea pernah ditanya, “apa yang membuat Anda dapat memenuhi semua mimpi, terutama yang terkait dengan kami sebagai pelajar?

Andrea menjawab, “Tidak pernah seharipun dalam waktu sekolah, kami membolos. Lintang menempuh 40 km dan harus melewati jalan yang juga dilewati buaya dengan sepedanya untuk mencapai sekolah. Tapi, tidak seharipun dia membolos.

Saya“, lanjut Andrea, “bukanlah anak yang cerdas. Tapi, karena kesadaran itu, saya belajar dengan giat. Saya betah duduk membaca buku, nyaris tanpa henti, lima jam. Sekolah bagi kami adalah tempat membangun mimpi dan menyusun bata untuk mewujudkannya. Dalam tidur kami, kami ingin selalu hari cepat berganti pagi, hingga kami dapat kembali bersekolah dan melanjutkan mimpi yang sebenarnya.

(beberapa kalimat telah mengalami penyesuaian dari jawaban Andrea yang sebenarnya)

Laskar Pelangi menawarkan mimpi dan semangat untuk terus menggenggamnya. Sebagaimana Syahdan yang meski telah mencapai posisi tinggi di sebuah perusahaan IT, tetap bermimpi untuk menjadi seorang aktor.

———–

Film dan novel ini juga menawarkan semangat pantang menyerah. Saya jadi ingat, hasil rapat istri saya di sekolah anak-anaknya. Ketika ditanyakan, mengapa anak-anak cenderung menurun prestasi belajarnya, sang Guru (pihak seolah) justru mengajukan argumentasi keterbatasan yang dimiliki, kesulitan yang dihadapi dan belukar tantangan yang tumbuh menjalar.

Aku cuma bergumam, “Mestinya mereka membaca novel ini atau melihat filmnya …

1 Komentar »

  1. […] (bersambung) […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: