Di Bawah Naungan Merah Putih

Hari ini, 14 Agustus 2008 adalah hari yang diperingati sebagai Hari Pramuka. Saya tidak hafal benar, ini peringatan yang ke berapa dan sejarah apa yang membuat hari itu dikenang sebagai Hari Pramuka. Dulu, semasa SD dan SMP, saya aktif di Pramuka. Beberapa kali merasakan ikut perkemahan (kami sering menyebutnya sebagai PERSAMI atau Perkemahan Sabtu Minggu), jurit malam melintasi malam gelap di pemakaman dan dikerjain Kakak-kakak.

Pagi tadi di TV One, ada wawancara khusus dengan Wakil Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Amoroso Katamsi (moga-moga bener nulisnya, beliau yang pernah memerankan tokoh Pak Harto dalam dua film tentang G30S/PKI dan Jakarta 1966). Usai Orde Baru, Pramuka memang tidak lagi terlalu terdengar kabarnya. Bisa jadi tetap ada, namun gaungnya lebih sering ditimpa oleh banyak peristiwa penting lainnya. Karenanya muncul gerakan Revitalisasi Pramuka. Sebuah gerakan untuk lebih memberdayakan Pramuka sebagai elemen bangsa yang turut berperan dalam Pembangunan. Bahkan saya dengar, ratusan narapidana, hari ini, juga dilantik menjadi anggota Pramuka.

Luar biasa.

Tulisan ini memang belum berakhir. Tulisan ini memang didedikasi bagi header yang baru dan saya belum sama sekali mengupasnya. Anak-anak kita hidup di bawah naungan merah putih. Merah putih yang compang-camping. Tak apalah. Compang-campingnya di sisi ini. Di dalamnya masih utuh. Semoga.

Anak-anak kita hidup dalam naungan merah putih. Meski compang-camping, ia tetaplah merah putih. Merahnya pertanda keberanian yang menggelegak dan putihnya perlambang kesucian yang menyejukkan. Merahnya berarti darah yang tumpah untuk perjuangan dan putihnya berarti harapan dan doa untuk kesempurnaan.

Semoga

1 Komentar »

  1. D said

    Banner merah putihnya kok compang-camping mas… apakah memang seperti itu persepsi mas Prio tentang merah putih kita…
    *rhetoris… rhetoris*

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: