Keputusan (tidak jadi bersambung)

Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang
(Cerita Motivasi).

Pernah tahu sebuah game psikologi tentang sebuah simulasi penyelamatan? Jika sudah, biarlah tulisan ini membuka kembali ingatan Anda. Jika belum, mari belajar bersama. Permainan ini telah saya adaptasikan untuk membuat tulisan ini menjadi berbeda.

Game Penyelamatan adalah sebuah simulasi kondisi dalam mana serombongan orang dengan berbagai latar belakang, yang berada dalam sebuah pesawat terbang. Ada sepuluh penumpangnya, termasuk awak pesawat. Mereka adalah, Anton, pilot, 40 tahun; Laras, istri Anton, penumpang, 35 tahun; Puji, awak pesawat, sahabat Pilot, 35 tahun; Halim, ulama yang mampu mempengaruhi umat, 55 tahun; Hendra, dokter spesialis satu-satunya di sebuah negara, 50 tahun; Wati, artis cantik dan terkenal, menjadi trendsetter bagi banyak pengagumnya, 25 tahun; Cahaya, budayawan muda yang sangat berpengaruh, 47 tahun; Barata, anak sekolah, juara olimpiade fisika dunia, 12 tahun; Harjuna, pengusaha sukses dan kaya raya, 50 tahun; dan Sudirman, guru daerah terpencil, 45 tahun.

Pesawat itu mengalami kecelakaan dan terdampar di sebuah pulau perawan yang tidak dihuni manusia. Seluruh rombongan selamat, namun beberapa terluka. Ternyata pesawat itu dilengkapi sebuah karet yang dapat dikembangkan menjadi sebuah perahu. Namun perhau itu hanya cukup untuk lima orang. Seluruh penumpang dihadapkan kepada sebuah keadaan yang memerlukan keputusan penting atas beberapa pilihan yang sulit.

Pilihan pertamanya adalah tetap tinggal di pulau itu, sambil berharap ada keajaiban datang berupa pertolongan yang memungkinkan seluruh rombongan kembali ke tempat asal. Pilihan ini beresiko, karena pulau perawan itu ternyata sarang binatang buas yang ganas. Jadi hampir pasti pilihan pertama adalah pilihan yang musykil dan mustahil.Pilihan keduanya adalah memilih lima penumpang untuk menaiki perahu dan meninggalkan lima lainnya. Pilihan ini menjadi pilihan yang mungkin dilaksanakan, meskipun harus mengorbankan lima penumpang lainnya, karena kehidupan harus berlanjut. Penumpang yang naik perahu akan datang kembali untuk memberikan pertolongan bagi lima penumpang yang tertinggal, meskipun juga hampir mustahil menemui kelimanya dalam keadaan hidup. Pilihan harus ditetapkan segera, karena di balik gunung terdengar suara binatang purba buas yang menggelegar.

Sebagai pilot, Anton secara aklamasi, meski tanpa proses pemilihan yang berbelit, menjadi pimpinan rombongan yang terdampar itu. Dia terpenjara di antara pilihan yang sulit. Dia harus memilih.

(tidak jadi bersambung)

Ya, dia sebagai pemimpin harus. Sesulit apapun pilihan itu. Berkecamuk fikirannya. Mengutamakan istri dan sahabatnya adalah keinginan terbesarnya. Jadi …

Hanya itu, karena kepemimpinan adalah bagaimana mengambil keputusan. Menjadi pemimpin adalah mengambil peran terbesar untuk memutuskan. Dan dia akan dinilai dari apa yang dia putuskan, atas pertimbangan apa sebuah keputusan diambil. Seorang pemimpin pasti sadar benar, bahwa keputusannya pasti tidak akan membahagiakan semua orang dan dia harus menerima protes, kritik, bahkan ucapan terima kasih. Dan untuk itulah dibayar. Tidak saja dengan uang, tapi dengan kepercayaan.

Keputusan yang tidak membahagiakan banyak orang akan menuai badai protes. Bisa jadi tidak muncul dalam e-mail pribadi, atau demo besar-besaran atau bahkan pernyataan terbuka. Tapi, bisa jadi hanya muncul dalam perbincangan di warung kopi (baca juga Duhai Si Muka Masam – Davik Oktavian), dengan purba sangka yang lebih parah. Atau bisa jadi bukan sebuah apa-apa, karena hanya malas yang tersisa.

Silakan memilih, karena untuk itulah Anda menjadi pemimpin.

2 Komentar »

  1. besok-besok saya liat akhirnya dolo aa…
    kalo bersambung kayak gini mending bacanya entaran aja…daripada penasaran

  2. davikoktavian said

    keputusan yang diambil oleh sang pemimpin terkadang bagi kita bagai suatu mysteri, sulit untuk dicerna oleh semua orang. karena itu, saya pun sdh memilih 4 diantara 9 yg akan diselamatkan. siapa itu? akan saya kirim ke kotak pos pribadi anda.🙂

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: