Film Laskar Pelangi (2)

Film ini memang luar biasa. Ada dua belas nama besar perfilman terlibat di sana. Di samping itu, ada sepuluh nama yang sebelumnya tidak dikenal siapa-siapa, selain oleh orang tua, saudara atau tetangga mereka saja. Sepuluh nama itu adalah anak-anak asli Belitung (Andrea menyebutnya Belitong, dengan pengucapan o seperti pohon) yang memerankan anak-anak anggota Laskar Pelangi. Mereka bukan artis sinetron, apalagi layar lebar. Beberapa di antara mereka, bahkan tidak memiliki televisi di rumahnya. Namun, mereka seperti perwujudan sebenarnya anak-anak Laskar Pelangi. Tidak kenal menyerah!

Ya. Mereka tidak kenal menyerah untuk belajar memerankan orang lain. Tokoh Lintang teramat pantas memerankan keletihan mengayuh sepeda, namun dengan kegembiraan bermain bersama matahari. Ferdian, nama tokoh itu dengan pantas memancarkan kecerdasan seorang jenius, kasih sayang seorang anak sulung dan hormat seorang anak pada Ayahnya. Ferdian menampilkan semangat tak terkira, namun ketakutan luar biasa pada buaya yang menghalang jalan.

Mahar juga sempurna diperankan Verrys Yamarno. Sempurna sebagai seniman aneh, percaya tahyul dan penuh ide liar dan gila. Hal yang bagiku sayang adalah eksploitasi Mahar yang kurang memadai. Aku berharap ada Republik Dangdut. Tapi, aku sadar, adalah sebuah kesulitan besar mewujudkannya.

Ikal? Zulfany terlalu pendiam bagiku. Mungkin karena aku melihatnya sebagai Andrea Hirata yang bertutur lancar dalam novel. Tokohnya barangkali memang pendiam. Hanya bersuara lewat hati yang jernih, namun dengan pilihan kata yang luar biasa, seperti halnya puisinya tentang surga yang mengalahkan nilai Mahar, sang seniman sejati. Aku bahagia mendengarkan puisi itu dibacakan tiga anak yang turut menonton dalam Nonton Bareng Laskar Pelangi yang diselenggarakan oleh TELKOM DIVRE II di Bekasi, Ahad 2 November ini.

Cut Mini, yang paling kuanggap luar biasa untuk memerankan Bu Mus. Semangat, simpati, kekecewaan, keletihan, kesedihan, kegembiraan yang terpancar persis seperti yang kutangkap di novelnya. Juga Ikranegara. Selebihnya ? Pelengkap yang tetap luar biasa !

(bersambung)

About these ads

7 Komentar »

  1. [...] tentang Abou Moumtaza 10.000 Film Laskar Pelangi (2) [...]

  2. erisvahakiki berkata

    jadi kepengen nonton neehhh, kata temen2 seruu….Solok ga ada bioskop siihh….:-)

  3. venia berkata

    aku suka sama film laskar pelangi

  4. venia berkata

    saya sangat tergila2 dgn film laskar pelangi

  5. venia berkata

    saya sukanya sama bu muslimah krn dia tgr menjalani hidup

  6. ricky berkata

    di putarnya kapan….

  7. Icha berkata

    Laskar pelangi ke 2 kapan dibuat? soalnya aku pengen nonton lagi karena ceritanya baguzzzzz

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: